Dec 15, 2006

PROPAGANDA JANGAN KOMEN DI BLOG SELEB


Yang kaya makin kaya. Pemeo itu terjadi bukan hanya di strata sosial dunia nyata tapi juga di blog.

Kok bisa?

Mata uang di dunia blog adalah inlink (jumlah link yang masuk). Makin banyak inlink, makin kayalah blog.

Blog baru terus bermunculan dan anehnya, tanpa disuruh, blog baru selalu dan selalu ngelink ke blog-blog seleb. Sayangnya, blog seleb terkenal pelit ngelink ke blog baru.
Akibatnya fatal: blog-blog baru jadi makin miskin. Blog seleb makin kaya.

Ketimpangan sosial ini bukan cuma terjadi di situ.

Blog juga semestinya jadi ajang diskusi. Yang terjadi jauuuuh dari ideal. Sebagian besar komen di blog seleb hanyalah comment for comment'sake. Komen seperti "Pertamax!" atau "Lima besar bukan ya?" makin memperparah situasi kondisi strata sosial. Satu komen lame dianggap sama dengan satu komen bermutu. Resiko demokrasi sih, tapi kita bisa kok memperbaiki keadaan.

Apakah saya harus selalu komen bermutu?
Atau saya harus selalu komen hanya untuk sekedar komen?

Jadi bagaimana?

Di dunia nyata, kita mudah membuat seseorang menjadi seleb. Zarima yang ratu narkoba malah tampil di cek-ricek, padahal dia lebih pantas tampil di Buser.

Kenapa kriminal bisa jadi seleb? Media jawabannya. Media saat ini sudah sangat terlalu komersil dan tidak mengindahkan kaidah-kaidah moral kebangsaan. Apa yang laku, ya itu dijual sampai todemak.

Kondisi ini juga bermetaphor dengan kondisi blogshpere. Blogger yang tulisannya biasa-biasa saja mampu jadi blogger seleb hanya karena banyak yang komen. Blogger yang tulisannya luar biasa malah jarang dikomen karena satu alasan konyol; alasan yang sama bagaimana media memperlakukan Zarima: karena blog baru tidak laku.

Kita komen di blog seleb dengan harap-harap cemas blog kita juga akan terekspos. Persis seperti infotainment yang jalan tak tentu arah. Mengais-ngais berita apa yang paling panas untuk digosipkan dengan harapan meningkatnya rating AC Nielsen.

Apakah anda mau membuat blogshpere tercinta berubah menjadi infotainment. Hah? Hah?!? Hah?!?

Bersama-sama kita bisa merubah keadaan ini.

Solusi sosial yang kami tawarkan adalah sederhana: Jangan komen di blog seleb!

Dengan tidak komen di blog seleb, tidak akan ada lagi blog seleb. Tak ubahnya seperti blog pemula, blog seleb hanyalah blogger biasa. Itu yang harus kita ingatkan pada blogger seleb untuk menghentikan kezhaliman mereka.

Bayangkan dunia tanpa gap sosial yang curam. Semua berjalan egaliter. Anda komen, sayapun balas komen. Bukan cuma komen "Hi, nice blog! Salam kenal". Memangnya kita ini spammer? Tapi komen yang berkualitas dan membangun diskusi.

Jika anda kerjanya cuma ngabis-ngabisin benwit untuk komen di blog seleb tanpa dibales komen, lalu mana iklim diskusinya?

Para blog seleb kurang menyadari hal ini. Blog seleb tidak sadar bahwa hanya satu komen yang tulus dan jujur dari mereka sanggup membuat para blog pemula menjadi semangat untuk selalu menulis. Jangan biarkan harapan menulis itu pupus hanya karena kesombongan dan ahlesan speedy sux. Jangan!

Bersama kita bisa membenahi kondisi ini.
Bersama kita bisa ingatkan para blog seleb bahwa mereka hanyalah blogger biasa.

Kita diberi Tuhan dua tangan. Sehingga satu tangan putus, yang lain masih bisa"Ngeblog!".
Jangan biarkan para blog seleb menzhalimi tangan ngeblogmu.

Jangan komen di blog seleb!



Ditulis oleh http://andryshuzain.com

54 comments:

Anonymous said...

gak koment ah..

:P

Anonymous said...

he99x

Komang or Atut said...

Iya ya. setelah dipikir-pikir, bener juga. kalo kita berkunjung ke blog seleb, kayaknya jarang banget deh dikunjungi balik.

setuju! jangan komen di blog seleb!!!

Anonymous said...

Ini gara2 tujuan kita ngeblog adalah supaya terkenal seperti blogger seleb itu. Coba tujuan kita ngeblog adalah untuk sharing dan berkarya, mau ada yg komen atau gak, mau yg komen seleb apa newbie, gak ada masalah. Toh om Gugel pasti nunjukin ke blog kita kalo tulisan kita ada gunanya buat org lain. CMIIW.

adinoto said...

setubuh!

Anonymous said...

Jangan Komen Disini.

Anonymous said...

yah.. gak boleh komen disini ya?

Anonymous said...

yang salah newbie-nya, kenapa harus ngelink ke blog yang udah terkenal, padahal kan gak ada yang nyuruh atau ngewajibin?

soal komentar yang asal komen aja (pertamax, 5 besar, etc.), belum tentu juga pemilik blog ngarepin komentar seperti itu, tapi gak mungkin juga dihapus karena bisa memutuskan hubungan pertemanan di blogosfer. kalau sudah begitu, jangan juga nyudutin para pemilik blog yang udah terkenal (blog seleb).

hal lainnya, belum tentu semua blogger memang suka berkomentar di blognya orang lain, dan banyak juga blogger yang gak suka blogwalking karena motivasi dia dari awal utk ngeblog adalah mosting di blognya sendiri.

Anonymous said...

ini blog seleb, bukan?

Anonymous said...

kalo ngeblog nggak pengen dapet komen yang banyak, ngapain ada cara-cara untuk mendapatkan lebih banyak komen?

serenity said...

lucu banget sih. wah blog ini jadi terkenal ya. namanya musti ganti dong... "Jangan Komen Di Blog Seleb Kecuali Blog Seleb Yang Ini" *LOL*

Anonymous said...

eerrr....

Anonymous said...

bee, nggak bisa dipaksain dong tujuan orang ngeblog harus a atau idealnya b dst ...

agusset, kayak hakim aja mutusin salah benarnya orang ;)

yang jelas pesan tersembunyi dari postingan ini adalah, kalo kamu keki karena kunjungan dan komenmu di blog orang laen nggak berbalas, yah nggak usah didatengin lagi itu blog ... beres kan ? gitu aja koq repot :)

Yang jadi masalah, brand image yang sudah terbentuk karena emang kebetulan duluan ngeblog, merintis dan membangun kerajaan blogosphere, melindunginya dengan salah satunya warisan kolonial belanda perploncoan .. membuat para blogger seleb ini TOP duluan. Dan semua marka jalan hanya menunjuk kerumahnya, maka kloplah sudah hukum alamnya ...

Jadi propaganda ini jelas belum mengena ke sasaran. Karena sebenarnya yang bermasalah "kekinya" si pengunjung blog seleb itu. Kalau keki trus sampe berhenti ngeblog ? lah ... tapi gw yakin persentase kejadian model gini kecil aja kalo ada. Karena kejadian model ini secara logika kurang bisa diterima :P

Harusnya dia ... ah baca sajalah potingan gw tentang ini ::promosi::

Anonymous said...

Jangan dibaca postingan maidhen ngedhen ga bermutu

Anonymous said...

PN itu siapa toh? Priyadi Nurcahyo??

Anonymous said...

+an ...
Sekilas postingan ini seperti ajakan atau propaganda untuk tidak mengunjungi blog seleb tetapi sebenarnya jadi kontraproduktif dengan kampanye menggalakkan komentar keblog yang kita kunjungi.

Coba perhatikan. Semua hanyalah masalah ego. Kalau dibilang sibuk, kita semua sibuk tapi nyempat aja bw dan tebar komen sana sini.
Masalah utamanya ya itu tadi, emang lu siape ? Makanya jangan heran kalau mendapati komennya para blogger seleb ya di lingkaran ring kerajaannya saja yang ekslusif dan tertutup :)

Jadi, tidak ada yang salah dengan kunjungan dan komen di blog seleb, yang keliru itu pengharapan dikunjungi balik. Resikonyalah maen kerumah selebriti … Namanya juga selebriti .. Samalah …

Sehingga yang harus dikampanyekan dan dipropagandakan itu si blogger selebnya, agar sering-sering maen ke blog fans-nya …

itu namanya etika jadi orang ngetop :)

Jadi, IMO … tebar komen ke blog yang dikunjungi, jangan malu naroh nama besarmu di blog jelata. Nggak akan turun koq gelar priyayimu malah bikin kamu lebih disenangi karena sudah meng encourage orang untuk keep nulis …

Ada yang perhatikan kalimat ini ? "Bersama kita bisa ingatkan para blog seleb bahwa mereka hanyalah blogger biasa." ...
Kata "kita" itu bermakna ganda. Kalau "kita" diartikan sebagai "blogger seleb", kalimatnya menjadi : "Bersama kita (blogger seleb) bisa ingatkan para blog seleb (lainnya) bahwa mereka hanyalah blogger biasa."

... mereka itu berarti blogger jelata hehehehe ...

Anonymous said...

woi gue dah ikutan!! wahahahaha

Anonymous said...

yang pertama bikin definisi blog seleb/seleb blog itu sapa sih? wartawan dunia blog? infotainment dunia blog? kok malah jadi lucu gini yah? tapi jadi bagus dan dinamis kok.. blog yang tadinya maya semakin terlihat nyata.

Anonymous said...

Blog Seleb?
Seleb Blog?
itu semua hanya trend sesaat!
ingat!
kembalikan blog seperti sedia kala!

Anonymous said...

@maiden:
Sapa juga yg maksain tujuan ngeblog? Lo mau ngeblog buat cari jodoh kek, buat jualan kek, buat narsis kek, ya gak majalah buat gue (EGP gitu loh!). Apa pun pasti ada fungsi dasarnya. Misal sepatu, fungsinya buat pengaman kaki dan dipake di kaki. Kalo lo mau pake di kepala, gak ada yg berhak ngelarang kok. Paling cuman diketawain. :D

Tapi gue setuju pendapat lo, ini memang sudah hukum alam. Siapa2 yg memulai (biasanya) jadi terkenal. Dan seperti biasa pula, ada yg SKSD (sok kenal sok dekat) biar ketularan keterkenalan mereka. Salah satunya adalah rajin komen di seleb blog. Kalo gue sih komen tergantung apa materi postingnya, bukan siapa pemilik blognya. Kalo postingnya bagus, pasti gue tertarik nimbrung (kasi komen). Kadang seleb blog juga posting topik gak bermutu, dan aku juga males kasi komen.

Berhubung postingan blog gue gak ada yg bermutu, gue tau diri lah, dan gak mengharap komen. :D

Anonymous said...

Tidak perlu ada anjuran utk tidak ngomen atau ngelink ke blog seleb. Lagi pula kalau komen kita bermutu kan bisa juga menaikkan traffic ke blog kita. Misalnya ada yang tertarik dengan komen kita dan ingin tahu lebih lanjut tentang kita. Syukur-syukur bisa dijadikan pacar. Lho kok ngelantur sih?

Yo wis, kabur lagi. (** kabur **)

Anonymous said...

waaahh rame yaa...
saling komen di komen... seru..
hihihi.. :P

Y7 team said...

bee, gw lupa .... sorry, saat kita nulis komen ... itu berarti gua banget hehehe .. Maksutnya ini lho pendapat gue ...

Anonymous said...

berhubung blog ini, walau mungkin adalah trend sesat™, berpotensi menjadi selebriti, maka saya memboikot blog ini dengan sengaja berkomentar di blog ini.

Anonymous said...

Boikot Gerakan Ini!!

Anonymous said...

lho sampeyan nih termasuk seleb ato apa??? hehehe asal jngn kelelep aja... :)

Unknown said...

Saya kurang sejutu dengan gerakan ini!!!!
tanda-tanda kemunafikan dan sifat syirik pada manusia yang pada akhirnya akan menjerumuskan pada diri sendiri.

Mau blog seleb, mau blogger baru sekalipun kalau memang artikelnya bagus kenapa harus dijauhkan?
bukankan dengan adanya mereka perkembangan blog di Indonesia makin bagus, kalau masalah mau ngunjungin balik atau ngomen balik ke blog kita itu urusan dia, sifat orang beda-beda jangan hanya karena kita berkunjung/ngelink/komen di tempat blog seleb / blog lain trus nggak berbalas akhirnya sakit hati dan bikin gerakan seperti ini, duh goblok banget yang ikut-ikutan kayak gini.

Bangsa ini membutuhkan talisilahturahmi yang kuat bukan tanda-tanda perpecahan kayak gini.

Iman Brotoseno said...

wah kalau saya sih, ngeblog buat nulis apa yang mau saya tulis, masalah ada yang baca itu urusan nomer dua. Demikian pula, kalau ninggalin komen di tempat lain juga karena saya memang ingin komen apa yang dia tulis...
Lagian nggak ngaruh tuh dengan seleb seleb blog, khan saya sudah jadi seleb di dunia kerja saya, di keluarga saya, dan di teman teman saya
peace bro...

Anonymous said...

apakah saya seleb..?
siapa nama saya..?
saya ada di mana ini..?
ya allah tolong..

*amnesia mode ON

Anonymous said...

LOL lucu ya. knp sih penting banget keknya dapet komen banyak2? aku setuju sama mas iman - yg penting ngeblog, mslh dpt komen/ng, itu bkn mslh. lagipula aku juga terus terang ng terlalu suka terima komen yg isinya basa/i :) mending ng usah gt. hehe. itu klo aku lho....

btw, coba link ini.

andhinhz said...

bwahahahahahahaaaaaa.....

lucu...

=P

ironis, dan lucu...

elly.s said...

setujuuuu

rangga said...

Ga ada yang bisa ngatur dunia internet, apalagi blogsphere, yang notabene adalah salah satu hasil dari kebebasan kita untuk berekspresi.

Mau seleb, mau jelata, kita semua punya hak untuk nge-blog.

Apakah blog "jelata" merasa dirugikan karena blog "seleb"? Apakah kita emang bikin blog semata-mata karena nilai moneternya? Apakah kita membuat blog buat pamer jumlah orang yang masuk dan membacanya?

Atau apakah kita menulis blog karena kita ingin membebaskan diri kita?

Kalau emang mau komen di blog seleb, ya silahkan. Kalo gak mau, ya ga papa... semua ada di tangan kita kok.

Dan pilihan itu adalah hak kita, tanpa perlu campur tangan orang lain.

Tabik.

lawabiroe said...

lha iki,, isi kok ra sesuai karo nama blog...
yen ngene sing waras sopoo ??? sing gendheng sopoo ???
truss.. meluw koment ning kene kie yo ngopoo ??? *termasuk aku*
bwahahaha....

Anonymous said...

kalau blog seleb mengunjungi semua yang pernah masuk blog dia,pasti dia gak punya waktu banyak untuk nulis di blognya karena sibuk mengunjungi blog lain dan kasih komentar.

Anonymous said...

Ada yang lebih baru nih, blogsokmutu

Anonymous said...

wah pinter juga bikin blognya, jadi ngiri neeh, pakai beta ya. Apakah blog saya akan hilang blog lama saya jika menggunakan beta?

mbiru.blogspot.com

Anonymous said...

eh cucurut
gaya banget sih
aslinya pengen dikomen
(dulunya pengen jadi seleb blog)
tapi blognya yang "terdahulu" gak dikomen
kasian deh....
santai aja lagi
masak komen jadi modal menambah PD
payah, nggak modal. komen-nggak komen tuh HAM. nggak ada urusan ama kamu mo ngurus orang....

Anonymous said...

Aneh sekali....
kenapa sih kita harus mengharapkan balasan dari pemberian komen kita?

Bukankah kita komen pada sebuah blog/postingan karena menganggap blog/postingan itu bermutu...
dan bukannya berharap si empunya mau mampir dan komen balik di blog kita?

kalo emang blog kita emang gak bermutu,
yah jangan harap ada komen...

Soalnya, gue sendiri suka bingung...
kalo ada yang komen di blog gue,
terus pas gue baca blog mereka... isinya bikin pusing... pusing gue mau komen apa.

Terus masa mau maksain diri kudu komen juga sih?

Dan anehnya elo bilang,
demi blog elo juga sedikit 'terekspos' oleh kehadiran komen para blog seleb itu?

That is pathetic.

Blog elo akan mencuat bila isi postingan elo bagus. Bukan dari siapa saja yang komen di blog elo.

Dan sekarang gue mau melancarkan sebuah propaganda baru:
BERILAH KOMEN PADA POSTINGAN BERMUTU DAN JANGAN KASIH KOMEN PADA POSTINGAN KACANGAN!

Btw... gw nulis komen disini karena gue anggap postingan mu cukup menarik untuk diberi komen ;)


- salah seorang blog seleb -

Anonymous said...

Well, isi (kontent) tulisan juga mempengaruhi peringkat ke-seleb-an si blog itu sendiri.. istilahnya: "Content is king!" dan juga ditambah lagi segimana baik-nya sang pemilik blogger juga bersosialisasi di komunitasnya..

Wah, nampaknya ini termasuk blog seleb yah.. boleh dong minta tanda-tangan-nya :D

Anonymous said...

aneh-aneh wae ...

Anonymous said...

mungkin karena para 'seleb" itu juga kebanjiran komen, jadi kerepotan untuk komen balik. Perlu benwit dan waktu kali...
(berbaik sangka == ON).

Anonymous said...

kasian... pengen dikunjungi toh? kalo ga pake' pamrih pasti rasanya lebih lega... :(

ADMIN said...

Bagi dunk! komennya nyang rasa duren yak! thanks salam kenal

Anonymous said...

Seleb iku panganan opo sih? Lalab, Salad? Jadi kapan mangane?

Anonymous said...

Web nya celeb bagus, Salam Kenal dari web partai baru (Laksamana Sukardi, Roy BB janis, Noviantika Nasution dll), ada juga Mario Lawalata menjadi pengurus kunjungi webkami:www.pkp-pdp-dki-jakarta.blogspot.com , salam

Anonymous said...

blog seleb itu yang komen nya banyak ya??, lha ini komen nya banyak.. seleb juga donk??


apa aku yang salah persepsi ya??

Anonymous said...

Waduh perang antar blogger nech.. ndak ikutan.. yg penting tetep jalin pertemanan dan persahabatan aja aahh.... klo rejeki mah ngikutin kok.. xixixixii... salam kenal.. blogger pemula bener2 pemula ndak pengen tenar.. cuma ingin belajar hidup di dunia maya..

Anonymous said...

wkwkwkkw bener juga tuh jangan komen deh di blog seleb mending komen di blog guwe aja huhauhauhaua

edoi said...

Tips trik
*taroh di profile yahoo
*sering2 blogwalking/nglayap ke blognya orang lain.
*tukar link dengan blog lainnya
*kunjungi selebblog, blog yg terkenal..dan ikut berkomentar
*taroh di akhir surat setiap kirim email
*ikut milis yg sesuai dengan isi blog loe..dan ikut berkontribusi, perkenalkan blog loe dengan ngasih link di milis.
*daftarkan ke mesin pencari..yahoo, google,altavista dll
*daftarkan ke teknokrati
DLL.......

ok bro.. selamat berusaha menaikan pengujung.

tuker link yuuuuk.

edy said...

gak ahh

edy said...

gak koment ah..

yansDalamJeda said...

Wow....mantab! Mari memperkaya blog miskin komen. Biar sama-sama kaya, kayak seleb!

Anonymous said...

http://pkt-studio.blogspot.com